-->

Sospen


Pelatihan Pendidikan,

Asyiknya Belajar dengan Kak Kusumo









Puluhan anak-anak asuh Yayasan Suara Hati telah menunggu Kak Kusumo sejak jam 19.00 WIB. Selepas Sholat Isya’ berjama’ah di Masjid Al Ikhlash mereka sangat bergembira, karena kegiatan pelatihan pendidikan bersama Kak Kusumo segera dimulai. Waktu menunjukkan pukul 19.35, acara yang digagas untuk menumbuhkan semangat belajar anak-anak asuh ini dimulai. Sejumlah 21 peserta riuh ramai saat akan memulai acara, namun bukan Kak Kusumo kalau tidak bisa mencairkan suasana gaduh menjadi cair penuh konsentrasi, namun tetap dalam suasana belajar.

Dalam pelatihan itu Kak Kusumo memberikan materi tentang bagaimana siswa bisa belajar dengan menyenangkan, diantaranya ada konsentrasi, tidak melamun, tetap senyum dan lain sebagainya. Sesekali Kak Kusumo menyapa peserta dengan ucapan “Adik-adikku...”, kontan anak-anak menjawab, “Ya kakakku...”, hal ini menjadi penyegar suasana. Tampak juga para pengasuh Panti Asuhan Suara Hati yakni Ustadz Sujali dan Ibu Fa’iyah ikut larut dalam kegembiraan bersama anak asuh. Mereka mendampingi sekaligus menyerap ilmu yang telah disampaikan untuk dapat dipraktekkan dalam kepengasuhan sehari-hari. Mereka tumpahkan kegembiraan dalam belajar yang dipandu oleh Kak Kusumo yang notabene merupakan trainer nasional dan penulis buku “Ice Breaker Penyemangat Belajar” ini.

Di penghujung acara, Kak Kusumo membagikan bukunya bagi siapa saja yang dapat menjawab pertanyaannya dan Kak Kusumo juga meminta anak-anak untuk menuliskan cita-citanya di atas secarik kertas yang telah disediakan oleh panitia, agar dapat terus diingat untuk dicapainya. Tidak ketinggalan sebuah atraksi patahkan pensil dengan satu jari dilakukan oleh anak asuh untuk menumbuhkan keyakinan, bahwa setiap diri memiliki kemampuan yang belum digali. Buktinya sejumlah anak telah mematahkan pensil dengan satu jari saja, luar biasa bukan?. Sekitar pukul 21.15 kegiatan mengasyikkan ini diakhiri oleh Ustadz Rofiq Abdin selaku pembawa acara. Dengan pelatihan ini anak-anak menjadi yakin akan potensinya dan makin semangat belajarnya. Semoga saja kepedulian Kak Kusumo ini dapat memberikan kontribusi dalam bidang pendidikan di Panti Asuhan Suara Hati dan tentunya bagi Masyarakat Indonesia. (Robin)

0 komentar :