-->

Sosial Pendidikan

TADABUR ALAM DI TAMAN BUNGKUL

Minggu, 13 Nopember 2011 tepat pukul 10.00 pagi sekitar 12 anak– anak Panti Asuhan Suara Hati berkumpul di area taman bermain hutan di tengah Kota Surabaya yang biasa disebut dengan Kebun Bibit Surabaya, tempat ini biasa menjadi tempat masyarakat Surabaya untuk bersantai menghabiskan akhir pekannya bersama keluarga. Anak- anak berkumpul untuk mengikuti kegiatan tadabur alam, salah satu program sosial pendidikan Yayasan Suara Hati yang diadakan guna mendekatkan anak – anak dengan alam sekitarnya.
Dalam kegiatan tadabur alam ini anak – anak bisa belajar sambil bermain, misalnya menggambar sekaligus mewarnai, outbound, menulis surat untuk orang tua tercinta, bermain kreatif dan masih banyak lagi kegiatan yang menyenangkan bagi anak – anak.
Kak Arik dan Kak Dewi selaku pendamping memulai acara tersebut dengan soft game terlebih dahulu agar anak– anak lebih rileks, selanjutnya mereka diberikan kesempatan menggambar dengan tema bebas.  Setelah 10 menit berlangsung, kegiatan diselingi dengan butterfly hugs, dilakukan agar anak– anak tidak tegang dalam menerima tugas yang diberikan dan lebih mendalami lagi apa yang sedang mereka kerjakan dengan mendengarkan irama musik yang menyejukkan, kemudian menggambarpun dilanjutkan.
Jam makan siangpun telah tiba, anak – anak break terlebih dahulu untuk makan siang, setelah itu mereka larut dalam game– game yang tidak kalah seru yang sudah disiapkan oleh Kak Dewi.  Sebelum acara minggu itu berakhir kak Dewi mengajak anak– anak membuat surat untuk ke dua orang tua mereka, di dalamnya berisikan terimakasih atas jasa– jasa kedua orang tua, meminta maaf atas semua kesalahan yang pernah diperbuat, serta banyak keinginan- keinginan mereka untuk membahagiakan kedua orang tua tercinta.
Tadabur alam kali inipun berakhir dengan tampak wajah– wajah ceria dari anak– anak. Kak Dewi berpamitan, dan anak- anak juga menuju mobil untuk segera pulang karena cuaca terlihat sudah mulai  gelap dan akan turun hujan. Tadabur alam kali ini sangat berkesan dan tak terlupakan. Sampai ketemu lagi di lain waktu! (ita)


0 komentar :