-->

Bhaqsosa


Bhakti Qurban Desa Kalimanis Blitar
                                                                       
     
Sebagaimana tahun- tahun sebelumnya, pada Kegiatan Bhakti Qurban tahun ini Yayasan Suara Hati kembali berkeliling untuk menyalurkan hewan – hewan qurban ke desa – desa terpencil yang membutuhkan, jika tahun kemarin YSH membagikannya pelosok – pelosok desa di Sidoarjo dan sekitarnya, maka pada tahun ini YSH menyelenggarakannya di beberapa desa minus di Jawa Timur, salah satunya di Dusun Kalimanis Desa Kalimanis Kesamben Blitar.
Tanggal 25 Oktober 2012, Tim BHAQSOSA (Bhakti Qurban Pelosok Desa) berangkat menuju kota Blitar, sekitar lima personil di kirimkan untuk mensukseskan kegiatan Bhakti Qurban 1433 H ini. Tim kemudian sampai di kediaman Bapak Jumadi sebagai pengelola usaha peternakan YSH yang ada di Blitar sebagai tempat bermalam. Tidak lama kemudian para tim BHAQSOSA pun bergegas menuju balai desa karena sudah ditunggu oleh sekitar 30 anak– anak SD yang akan memeriahkan Kegiatan Bhakti Qurban tahun ini dengan mengadakan “Game Anak Soleh”. Ternyata tidak hanya untuk anak SD saja, pada  pukul 20.00 WIB  juga sudah disiapkan kegiatan khusus bagi para pemuda – pemudi warga Desa Kalimanis, yakni penyuluhan motivasi kerohanian untuk mereka. Sebanyak  20 remaja dengan antusias datang untuk menyimak penyuluhan yang diberikan langsung oleh Ustd. Rofiq Abidin.
Acara selesai sekitar pukul 22.15 WIB, dan Tim BHAQSOSA pun kembali ke rumah Bapak Jumadi untuk beristirahat dan mempersiapkan tenaga untuk melaksanakan Shalat Iedul Adha dan juga serangkaian acara lainnya pada keesokan hari.
Seusai shalat ied di musholah dan di lanjutkan dengan pemotongan hewan qurban di halaman dekat kediaman Kepala Desa Kalimanis Bapak Sih Budiono, penyerahan hewan qurban sebanyak 1 ekor sapi dan 4 ekor kambing pun diserahkan langsung oleh perwakilan YSH kepada Kepala Desa Kalimanis tersebut.
Alhamdulillah acara pemotongan hewan qurban pun berjalan dengan lancar, dilanjutkan dengan pendistribusian daging kepada para warga. Usai pendistribusian, tim redaksi langsung meminta Bapak Sih Budiono untuk memberikan kesan dan pesannya terhadap Kegiatan Bhakti  Qurban YSH yang sudah kesekian kalinya ini dilaksanakan di desanya. Bapak dari 3 anak dan juga suami dari Ibu Sri Rahayu Ningsih ini memaparkan bahwa sejak kenal pertama kali dengan YSH, spiritualisme warga dirasakan mengalami peningkatan yang signifikan, tampak dari berbagai kegiatan yang mulai marak di musholah, seperti TPQ dan Kursus Kilat Baca Al - Qur’an Metode Utsmani. “Kerukunan beragama antar warga juga semakin meningkat”, tambahnya. Mulai tahun kemarin sudah ada warga yang mulai berqurban 1 lembu, tahun ini 1 ekor kambing.

Beliau lantas berpesan agar hubungan silaturohim yang sudah terjalin baik tetap dijaga, diharapkan rekan – rekan dari YSH tidak hanya menyelenggarakan Program Qurban saja di desa mereka, tapi juga berpartisipasi di pengembangan kegiatan kegamaan khususnya bagi para remaja/ pemuda, jadi selain belajar di sekolah, mereka juga mendapat pembinaan keagamaan yang intensif dari YSH. Dengan terbata- bata penuh keharuan beliau berkata, “Walaupun saya beragama Bhudda, alhamdulillah saya dipercaya untuk memimpin desa ini yang 90% warganya adalah muslim”. Beliau berharap agar metode pembinaan spiritual yang nanti dikembangkan kepada para warga tidak terkesan memaksa tapi dengan menggugah kesadaran. Semoga segera terealisasi. (Ita)

0 komentar :