-->

Rahmati di Panti Jompo "Hargo Dedali" Surabaya

Rahmati di Panti Jompo "Hargo Dedali" Surabaya

 
Minggu, 27 Mei 2012 tepat pukul 13.00 WIB 

Tim Rahmati berangkat meluncur ke Surabaya menuju Panti Wredha Hargo Dedali. Sesampainya di panti, ternyata masih banyak dari para penghuninya yang sedang menikmati waktu tidur siang. Satu persatu para lansia tersebut keluar dari kamarnya dengan tertatih– tatih, mereka berjalan ke ruang tengah, berkumpul untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan. Beberapa perlu dibantu oleh para pengasuh panti untuk duduk mengantri.
Kunjungan Tim Rahmati ke Panti Wredha Hargo Dedali Surabaya ini bukan untuk pertama kali, melainkan sudah yang kesekian kalinya karena memang rihlah medis ke panti jompo sudah menjadi agenda rutin Program Sosial Kesehatan YSH setiap bulan. Tidak heran jika para lansia penghuni Panti Wredha Hargo Dedali pun sudah tidak merasa asing lagi dengan para petugas tim medis. Sapaan cantik untuk dr. Retno selalu keluar dari bibir manis Mbah Sumiati H.W yang senang sekali melantunkan lagu– lagu berbahasa Belanda, “Halo cantiiik... kok lama sih nggak kelihatan... aku sudah kangen loooh...”
Suasanya riang begitu terasa, dengan lembut perawat Sumarni membantu mengukur tekanan darah dan dr. Retno dengan cekatan memeriksa kondisi para lansia tersebut. Hasil pemeriksaan dari pasien sebanyak 39 orang, 95% gangguan yang dikeluhkan rata- rata adalah gangguan yang biasa dialami oleh manula, seperti pegel linu, encok, darah tinggi, dll. Lain halnya dengan Lilik Sunartilah yang usianya mencapai hampir 80 tahun. Nenek satu ini masih saja semangat dan jago saat diminta teman– temannya untuk berjoget./ita



0 komentar :